Tips Sebelum Aplikasi Plesteran

October 30, 2009 at 6:44 am Leave a comment

Seringkali kita mengganggap sepele pekerjaan plesteran dinding rumah. Jika takaran yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya dapat membuat plesteran bermasalah. Berikut adalah tips yang bisa digunakan sebelum anda membuat plesteran dinding rumah :

1. Takaran semen dan pasir yang ideal digunakan untuk plesteran dinding adalah 1 : 4, artinya 1 takaran semen dicampur dengan 4 takaran pasir. Begitu juga untuk plesteran dinding kamar mandi.

2. Perbandingan antara air dengan semen yang digunakan berkisar antara 0.4 – 0.5 (menggunakan plasticizer). Semakin tinggi nilai perbandingannya maka adukan akan semakin encer. Air berfungsi untuk mengikat semen dengan pasir. Jika air yang ditambahkan terlalu banyak bisa berakibat banyak adukan yang terbuang ke bawah karena adukan tidak bisa melekat dengan baik ke dinding.

3. Sebelum aplikasi plesteran, bersihkan permukaan dinding dari kotoran dan debu, serta lembabkan permukaannya.

4. Untuk mencegah retak, sebaiknya plesteran dirawat menggunakan siraman air selama 3 hari atau gunakan curing compound untuk mengindari evaporasi yang terlalu cepat yang dapat menyebabkan keretakan susut. CEMENTAID merekomendasikan CALCURE B*R sebagai curing compound (Spesifikasi dan cara pemakaian tersedia di “SPESIFIKASI PRODUK” bagian kanan).

5. Pastikan permukaan plesteran mengering sebelum acian diaplikasikan. Campuran acian yang diaplikasikan sebelum permukaan plesteran mengering mengakibatkan acian tidak bisa melekat sempurna dan banyak yang rontok.

6. Untuk menghindari retak rambut pada plesteran anda dapat menggunakan bahan cairan tambahan yang dicampurkan pada adukan plesteran atau acian.

CEMENTAID merekomendasikan PLASTERKING untuk mencegah retak pada plesteran dan acian (Spesifikasi dan cara pemakaian tersedia di “SPESIFIKASI PRODUK” bagian kanan).

7. Untuk membuat plesteran dinding luar atau dinding toilet kedap air anda dapat menggunakan bahan tambahan cairan waterproofing untuk plesteran. CEMENTAID merekomendasikan REDSEAL PLESTERAN untuk plesteran waterproof (Spesifikasi dan cara pemakaian tersedia di “SPESIFIKASI PRODUK” bagian kanan).

Segera hubungi distributor kami atau toko bangunan terdekat, atau email ke: nina@cementaid.co.id

Entry filed under: Dinding. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Memasang Batu Alam Plesteran Bebas Retak dan Bebas Rembes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Feeds


%d bloggers like this: