Keramik lantai rumah anda terangkat (tile popping)?

October 30, 2009 at 9:07 am Leave a comment

keramik lantai

Seperti dikutip pada Tabloid RUMAH edisi 155-VII, keramik terangkat (tile popping) adalah masalah yang lazim dialami. Tile popping dapat terjadi karena beberapa hal antara lain karena beban pada lantai yang terlampau berat sehingga ubin melengkung, getaran yang sangat kuat, retak pada beton atau fondasi. Penyebab lain –yang paling sering terjadi- adalah karena pemuaian udara dibawah ubin yang diakibatkan semen yang tidak padat atau pemasangan yang salah.

Untuk mencegah popping ini, selain memasang dengan benar, anda juga dapat menggunakan perekat ubin khusus, karena jika hanya menggunakan mortar konvensional dikahawatirkan semen kurang melekat pada ubin.

pasang keramik pic
CEMENTAID mempunyai solusi dari problem tersebut, gunakan WELDCRETE sebagai bahan campuran pada mortar yang anda gunakan untuk memasang ubin keramik. WELDCRETE juga dapat digunakan untuk aplikasi keramik baru diatas keramik lama tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu.
pasang nat picnat

Hal yang harus diperhatikan juga dalam pemasangan keramik adalah “Nat”. Walaupun kelihatan sepele nat memiliki peranan penting . Dahulu orang menggunakan campuran semen dan pasir untuk mengisi celah antar keramik. Karena tampilannya kurang menarik – berwarna abu-abu- maka dipakai semen putih. Untuk menyesuaikan dengan warna keramik, pengisi nat lantas diberi pewarna. Jenis inilah yang banyak digunakan orang karena umumnya mereka berpikir bahan tersebut adalah bahan yang pas untuk mengisi nat.

Pengisi nat dari bahan dasar semen dan pasir bukannya tanpa masalah. Semen bersifat getas sehingga hubungan antar keramik menjadi kaku. Jika terjadi pergerakan pada saat muai susut, hubungan antar keramik tidak bisa mengikuti perubahan tersebut. Akibatnya pengisi nat mudah retak.

Kini CEMENTAID telah mempunyai produk yang dapat diaplikasikan sebagai bahan campuran untuk mengisi nat, yaitu WELDGROUT. WELDGROUT dapat dicampurkan pada semen putih dan pewarna atau dapat juga dicampurkan pada bahan pengisi nat siap pakai. Karena dapat dicampurkan dengan semen biasa, dari segi ekonomis anda dapat menghemat biaya. Disamping itu WELDGROUT meningkatkan daya ikat antar keramik serta bersifat waterproof, sehingga nat mudah dibersihkan jika terkena noda cairan.

Untuk menghindari ubin terangkat pada lantai keramik eksisting, anda dapat membobok bahan pengisi nat lama anda, dan kemudian menggantinya dengan campuran WELDGROUT dengan semen.

Untuk menjawab segala permasalahan ubin terangkat, anda dapat mengirimkan email ke nina@cementaid.co.id atau segera tanyakan produk WELDCRETE dan WELDGROUT ditoko bangunan terdekat.

Diposkan oleh PT CEMENTAID

Entry filed under: Lantai. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Plesteran Bebas Retak dan Bebas Rembes Solusi baru Floor Hardener Cair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Feeds


%d bloggers like this: